DIKTIS MENG-APPROVE LEBIH DARI 3000 PENGAJUAN NIDN
Tanggal : 4/7/2013 2:27:00 PM   Sumber : Kelembagaan Diktis

 Jakarta, 7/4/2013. Pemrosesan dokumen Nomor Induk Dosen Nasional atau yang dikenal dengan sebutan NIDN di lingkungan Kementerian Agama telah diproses hingga berita ini diturunkan telah mencapai lebih dari tiga ribu dokumen. Jika digabungkan dengan data sebelumnya, maka Dosen di lingkungan Kementerian Agama yang telah mempunyai NIDN telah mencapai lebih dari 5000 orang. “Secara keseluruhan data pengajuan NIDN baru hingga tanggal 28 Maret 2013, berkas yang sudah masuk ke database Kementerian sebanyak 5346,” lapor Anis Masykhur di hadapan tim pemrosesan dokumen NIDN (5/4).

Komitmen Direktorat Pendidikan Tinggi Islam untuk menerbitkan NIDN betul-betul direalisasikan dan menjadi target utama tahun ini. “Pemrosesan dokumen ini melibatkan tim PDPT Kemendikbud dan Tim PDPT Diktis,” kata Mastuki, Kasubdit Kelembagaan yang menjadi leading sector PDPT ini. Tidak semua dokumen yang telah di-upload akan disetujui. Hanya dokumen yang lengkap yang disetujui dan akan diterbitkan Nomor Induk Dosen Nasional-nya. “Makin lengkap makin bagus,” jelas Mastuki. Dokumen dinyatakan lengkap jika melampirkan identitas diri (KTP), Surat Keputusan sebagai CPNS, PNS dan tenaga fungsional, Surat Keputusan Mutasi (jika mutasi dari instansi lain), surat pernyataan sebagai dosen tetap yang bermaterai, ijazah S-1, S-2 dan S-3 (jika ada). “Tim memelototi satu persatu dokumen yang ada,” jelasnya dengan semangat. Jadi jika ada ketidaksesuaian data antara data pada display profil dosen, data KTP, Ijazah, SK, nama berbeda dengan yang ada di ijazah, juga berpeluang untuk ditolak. Misalkan saja perbedaan tanggal lahir atau cara pengisian yang tidak mengikuti panduan yang ditentukan. Bakan, ada juga berkas lengkap, namun karena ia belum mencabut status dosen swastanya (masih mempunyai Nomor Urut Pendidik Negara—NUPN), juga akan ditolak. “Yang seperti itu, dia harus mengajukan pencabutan NUPN dan mengajukan NIDN,” jelas Drs. Mulyono, Tim PDPT  Kemdikbud.

Berdasarkan info dari Anis Masykhur ‘korlap’ approving ini, bahwa tim approvement telah di-camp-kan di Hotel Bumi Wiyata Depok selama tiga hari. “Bahkan dimungkinkan harinya akan ditambah, biar target tercapai.” Prof. Dr. Dede Rosyada, MA, Direktur Pendidikan TInggi Islam dalam beberapa kesempatan rapat pimpinan senantiasa menekankan hal itu. “Awal bulan April, NIDN harus sudah dipublikasikan ke masyarakat,” begitu instruksinya. Sejak saat ini, para Dosen pada PTAIN bisa melihat apakah pengajuan NIDN disetujui atau tidak. ***4n15***

 


Cetak Halaman ini

DIREKTORAT PENDIDIKAN TINGGI ISLAM
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM KEMENTERIAN AGAMA RI
Jl. Lapangan Banteng Barat No. 3 - 4 Lt. 8 Jakarta Pusat
Telp. 021-3853449, 3812344, 3519734
Fax. 021- 34833981