Prof. Dr. Dede Rosyada, MA: “PDPT PTAIN Tuntas Bulan April.”
Tanggal : 3/5/2013 4:11:00 PM   Sumber : Kelembagaan Diktis

Jakarta, 5/3/2013. Mulai hari Senin (4/3) operator PDPT pada PTAIN diundang untuk mengikuti finalisasi data PTAIN pada Sistem Pangkalan Data Perguruan TInggi (PDPT). Sebanyak 53 PTAIN diminta untuk mengirimkan utusannya, sehingga pertemuan selama 3 (hari) ini bisa menuntaskan kekurangan selama ini.

Hal ini berkenaan dengan target Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Ditjen Pendidikan Islam agar permasalahan PDPT PTAIN bisa selesai pada bulan April. ““PDPT PTAIN Tuntas Bulan April,” tegas Dede Rosyada, Direktur Pendidikan Tinggi Islam, pada saat memberikan sambutan.

Ketuntasan PDPT ini berimbas kepada yang lain. Dalam rancangan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam, mulai April 2013 semua pelayanan akan berbasis data pada PDPT, seperti perpanjangan program studi, pengajuan prodi baru, akreditasi, pemberian beasiswa, bantuan penelitian dan pengabdian, bantuan sarana dan prasarana dan lain sebagainya. Dengan demikian, diharapkan akan terjadi efisiensi dalam proses pelayanan penyelenggaraan pendidikan. Selain itu, Direktorat tidak kebanjiran proposal atau tumpukan kertas. “Dengan PDPT, maka paperless akan betul-betul terealisasi,” dukung Mastuki, Kasubdit Kelembagaan.

Bersamaan dengan PDPT ini adalah permasalahan Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN). Karena NIDN merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari system ini. Untuk itu, Direktur juga meminta kepada para pimpinan PTAIN agar para dosennya segera melengkapi dokumen pendukung persyaratan untuk mendapatkan NIDN. “Kami menunggu agar sekembalinya anda dari sini, beritahukan kepada pimpinan agar data dosen segera diupload untuk mendapatkan NIDN. Kami akan menunggu paling lambat 28 Maret 2013, sudah diterima,” tegas Ahmad Syahid, Tim Taskforce PDPT Diktis.

Sementara itu, untuk PTAIS, Sistem PDPT baru akan dimulai pada tahun ini. Sebagai persiapan, mulai saat ini bagi PTAIS yang belum mempunyai infrastruktur teknologi agar mempersiapkan operator yang memahami dan menguasai  penggunaan IT serta menyediakan fasilitasnya** (anis).


Cetak Halaman ini

DIREKTORAT PENDIDIKAN TINGGI ISLAM
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM KEMENTERIAN AGAMA RI
Jl. Lapangan Banteng Barat No. 3 - 4 Lt. 8 Jakarta Pusat
Telp. 021-3853449, 3812344, 3519734
Fax. 021- 34833981